Selasa, 30 April 2013

Curhatku - Awal Mengenal Komputer dan Internet

Sejak awal aku mengenal internet (sekitar tahun 2003/2004), dalam benak ini yang muncul hanyalah internet identik dengan google (mesin pencari) sebagai jejaring informasi dan komunikasi serta media yang menyediakan data-data yang kita butuhkan. Tidak terpikirkan ternyata di samping google, masih ada lagi situs-situs lain yang ada di jejaring internet. Dapat dimaklumi ternyata dulunya, faktor ketiadaan jejaring internet dan orang-orang di sekitar yang tahu banyak hal perihal internet. Sehingga mereka bisa mengenalkan, mengajarkan serta mengarahkan hingga kita dapat mengkreasikan hal-hal yang terkait dengan dunia internet ini.

Namun, sepah tidak berasal dari buangan pelepah manis. Semua itu merupakan bagian terunik yang terasa walaupun tidak ada orang yang memperkenalkan internet sebagai media yang menarik, unik dan dapat memberikan peluang untuk mengekspresikan apa yang ada dalam benak pikiran ini. Perjalanan waktu menjadi bagian terpenting hingga aku mengenal dunia internet secara otodidak.

Pada tahun 2003, tepatnya di SMAN 1 Bolo, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Propinsi Nusa Tenggara Barat, Sekolah mengadakan pendidikan dan pelatihan komputer yang bekerja sama dengan S@VI.Com. Awalnya program dan kegiatan ini dikhususkan untuk siswa yang dikategorikan dari keluarga yang tidak mampu. Aku adalah salah satu bagian dari kategori keluarga yang tidak mampu tersebut. Setelah program tersebut sukses untuk angkatan pertama, maka sekolah memberikan keleluasaan agar program ini dipaketkan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler sekolah khusus untuk siswa kelas II saja. Sehingga untuk paket ke II ini --kebetulan pada saat itu aku merupakan salah satu pengurus osis di sekolah-- Akupun ikut ambil bagian sebagai koordinator dalam program ini.

Program pendidikan dan pelatihan komputer adalah program yang diadakan untuk memperkenalkan komputer secara umum dan mengajarkan tentang program standar komputer yaitu pengenalan Microsoft Office Word, Microsoft Office Exel dan Microsoft Power Point. Di samping ketiga program tersebut, ada pula pengenalan program microsoft lainnya seperti banner, outlook dan publisher. Kesemuanya dirangkum dan diajarkan dalam bentuk/metode course (kursus).

Aku yang pernah menjadi angkatan pertama dalam program diklat ini, di samping dipercayakan sebagai koordinator teman-teman yang kursus, juga dipercayakan sebagai tutor. Karena pada waktu itu belum ada tenaga yang dapat di andalkan kecuali Mr. Mahmed (direktur S@VI. Com) yang awalnya menjadi tutor pada angkatan pertama diklat tersebut. Nah, kesempatan itu aku gunakan untuk belajar dan memantapkan pengetahuanku tentang komputer dan program-program yang tadinya hanya apa yang diperoleh dari tutor pada kegiatan angkatan pertama.

Singkat cerita, tepat di angkatan ke 3 penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler ini. Internepun masuk di wilayah tersebut. Setelah itu, tanpa menunda berhari-hari, tempat yang pertama dihubungan dengan jejaring internet setelah kantor telkom adalah di tempat S@VI.Com tersebut. Aktifitasku terhadap komputer tidak terbatas sampai di situ. Sang direktur yang baik, langsung mengenalkanku tentang apa itu internet. Kesempatan emas itu tidak aku sia-siakan begitu saja.Yah, seperti kalimat pembuka curhatku ini, bahwa internet itu adalah google. Tempat di mana kita bisa mencari informasi, media komunikasi dan mencari data-data yang kita perlukan. Saking kuatnya hasrat dan keinginan (penasaran) dengan apa itu internet, di tambah dengan dorongan dan motivasi dari sang direktur maka hal yang pertama yang aku jelajahi di jejaring internet tersebut adalah "Internet". Aku persiapkan buku saku dan pulpen untuk menyalin apa tampak di halaman (google) yang aku jelajahi tadi.
Di halaman itu tertulis "Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan"). (Wikipedia bahasa Indonesia, tag 1 penelusuran google)

Begitulah awal mula aku mengenal apa itu komputer dan internet. Ternyata kedua hal ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam wacana waktu perjalanan yang terisi selama 11 tahun usiaku ini hingga sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar