Kamis, 02 Mei 2013

Contoh Naskah Pidato - Keragaman Sosial Budaya

File ketiga ini berupa contoh naskah pidato. Pidato ini membicarakan tentang "Keragaman Sosial Budaya". Adapun isi pidato selengkapnya nanti pengunjung dapat mendownloadnya pada link yang saya siapkan di bawah sana. Sebelum mendownloadnya, berikut ada sedikit gambaran kalimat pembuka pidato tersebut. 


KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA MERUPAKAN POTENSI
SEKALIGUS TATANTANGAN BAGI BANGSA INDONESIA

Assalamu alaikum war...wab....
Yang saya hormati ....................................................
Dan teman-teman yang berbahagi
Puji Sykur senantiasa kita panjatkan hanya  kepada ALLah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita, sehingga kita bisa berada ditempat ini  dalam keadaan sehat wal’afiaat. Amin.

Bapak/ Ibu  yang saya hormati
dan teman-teman yang berbahagia

BHINNEKA TUNGGAL IKA Adalah semboyan atau motto bangsa Indonesia yang terdapat dalam lambang negara “ burung garuda”. Istilah tersebut diambil dari buku sutasoma, karangan Mpu Tantular yang ditulis dalam bahasa Sanskerta. Bhinneka tunggal ika menunjukkan bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang heterogen yaitu bangsa yang mempunyai keanekaragaman, baik aspek agama,budaya maupun ras dan suku bangsa.


Kebhinekaan yang ada pada diri bangsa indoensia merupakan potensi sekaligus tantangan.
Kebhinekaan sebagaipotensibahwa:
Telah terbukti secara nyata, dapat menjadi perekat atau patri bagi bangsa indonesia, sejak awal-awal kemerdekaan bahkan sejak tumbuhnya kesadaran kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu pada tahun 1908 dalam melawan dan mengisi serta mempertahnakan kemerdekaan bangsa.

Kita ketahui bersama bahwa dalam sejarah perjalanan bangsa indonesia telah membuktikan jauh sebelum tahun 1908 perjunagan bangsa indonesia selalu dapat dipatahkan oleh pemerintah kolonial, dimana salah satu penyebabnya karena bangsa indonesia berjuang masih untuik kepentingan wilayah atau daerahnya masing-masing sehingga amat mudah untuk diterapkannya politik DEVIDE ET IMPERA oleh pemerintah kolonial.

Keadaan demikian sedikit demi sedikit menyadarkan para pimpinan bangsa indonesia sehingga pada tahun 1908 telah dirintis perjuangan yang bersifabt nasional . 
Dengan dipelopori oleh Dr.wahidin Sudirohusodo berdirilah satu organisasi modern yang diberi nama “ BOEDI UTOMO”

Nah, untuk naskah pidato selengkapnya klik download di bawah ini:

Format File : Microsoft Office Word 2007
Font : Arial
Size : 12
Page Setup : Normal (Costum Size)

--- Download File

Anda dapat mengedit untuk menambahkan kata-kata anda sendiri. Semoga bermanfaat!